Selasa, 07 Februari 2012

Arti dari "ALIF LAM MIM"

Saya yakin ini juga menjadi pertanyaan dari teman-teman muslim saya dimanapun Anda berada yakni apa arti dari Alif Lam Mim, Ya Sin, Ha Mim, Nun, Qaf, dan surat yang permulaan ayatnya hanya terdiri dari huruf-huruf saja ?
Jawabannya adalah :
1. Merupakan huruf-huruf perangkai
Alif Lam Mim, Ya Sin, Ha Mim, dll dikenal dengan nama Al-Muqattat yakni huruf-huruf perangkai. Ada 29 huruf di dalam alfabet Arab (jika hamzah dan alif dipertimbangkan sebagai 2 huruf) dan ada 29 surat yang memiliki permulaan surat yang memiliki jenis ayat seperti ini (hanya huruf-huruf saja). Huruf-huruf tersebut kadang tunggal, kadang juga merupakan kombinasi dari dua huruf dan kadang merupakan kombinasi dari 3, 4, atau 5 huruf.
a. Tiga surat yang diawali oleh hanya satu huruf yakni :
(i) Surat Shad [38], diawali dengan huruf Shad
(ii) Surat Qaf [50], diawali dengan huruf Qaf
(iii) Surat Nun atau Qalam [68], diawali dengan huruf Nun
b. Sepuluh surat yang diawali oleh kombindasi dari 2 huruf yakni :
Tiga dari sepuluh hanya terjadi pada satu kalinya :
(i) Surat Taha [20], diawali oleh huruf Ta dan Ha
(ii) Surat An Naml [27], diawali oleh huruf Ta Sin
(iii) Surat Yasin [36], diawali oleh huruf Ya Sin
Awalan huruf Ha Mim terdapat pada 7 surat yakni dari surat 40 sampai surat 46 yakni :
(i) Surat Ghafir atau Al Mu'minun [40]
(ii) Surat Fussilat [41]
(iii) Surat Al Shura [42]
(iv) Surat Al Zukhruf [43]
(v) Surat Al Dukhan [44]
(vi) Surat Al Jathiyah [45]
(vii) Surat Al Ahqaf [46]
c. Ada tiga kombinadasi dari tiga huruf yang terdapat pada 14 surat
Alif Lam Mim terdapat pada 6 surat yakni :
(i) Surat Al Baqarah [2]
(ii) Surat Ali Imran [3]
(iii) Surat Al Ankabut [29]
(iv) Surat Ar Rum [30]
(v) Surat Luqman [31]
(vi) Surat Al Sajdah [32]
Alif Lam Ra terdapat pada 6 surat yakni mulai dari surat 10 sampai surat 15 :
(i) Surat Yunus [10]
(ii) Surat Hud [11]
(iii) Surat Yusuf [12]
(iv) Surat Al Rad [13]
(v) Surat Ibrahim [14]
(vi) Surat Al Hijr [15]
Ta Sin Mim terdapat pada dua surat yakni :
(i) Surat Al Shura [26]
(ii) Surat Al Qasas [28]
d. Kombinasi dari empat huruf terdapat pada dua surat yakni :
(i) Surat Al A'raf [7], diawali dengan huruf Alif Lam Mim Shad
(ii) Surat Al Anfal [8], diawali dengan huruf Alim Lam Mim Shad
e. Kombinasi dari lima huruf terdapat pada dua surat yakni :
(i) Surat Maryam [19] diawali dengan huruf Kaf Ha Ya 'Ain Shad
(ii) Surat Al Shura [42] diawali dengan huruf Ha Mim 'Ain Sin Qaf
Surat Al Shura [42] memiliki kombinasi ganda dari huruf-huruf perangkai tersebut ke dalam satu set dari dua huruf dan diikuti oleh satu set dari tiga huruf.
2. Arti dari huruf-huruf perangkai tersebut
Arti dan tujuan dari huruf-huruf tersebut tidaklah jelas. Ada beberapa penjelasan yang diberikan oleh sarjana-sarjana Muslim selama berabad-abad. Beberapa dari pendapat mereka adalah sebagai berikut :
• Huruf-huruf ini merupakan singkatan dari bebreapa kalimat. Sebagai contoh, Alif Lam Mim berarti Ana-Allahu-a'Laam atau Nun berarti Nur (cahaya), dan sebagainya
• Huruf-huruf tersebut bukanlah singkatan atau pelengkap tetapi merupakan simbol dan nama Allah atau yang relevan dengan itu
• Huruf-huruf tersebut digunakan sebagai pelengkap ritme irama pembacaan
• Huruf-huruf tersebut memiliki nilai numerik tertentu seperti halnya juga huruf-huruf yang kita kenal sekarang memiliki nilai numerik tertentu
• Huruf-huruf tersebut digunakan untuk mendapatkan perhatian dari pembacanya
Dan banyak lagi penjelasan-penjelasan yang didapat menurut banyak sarjana Islam.
3. Penjelasan terbaik pada huruf-huruf tersebut
Semua penjelasan yang telah diberikan oleh sarjana-sarjana Islam, salah satunya yang paling otentik dan juga didukung oleh tafsir berdasarkan Ibnu Kathir, Zamakshari, dan Ibnu Taimiyah adalah sebagai berikut :
Tubuh manusia terdiri dari elemen-elemen fundamental penyusun tubuh yang dapat ditemukan pada alam. Seperti halnya sperma dan debu sebagai elemen dasar dari pembentukan yang fundamental. Kemudian juga dikatakan bahwa manusia juga berasal darinya.
Kita semua dapat memiliki akses kepada elemen-elemen yang ditemukan di dalam tubuh manusia, dan menambahkan beberapa galon air, yang merupakan unsur utama pembentuk tubuh. Kita tahu elemen-elemen tersebut ada di dalam tubuh manusia tapi kemudian kita menjadi tidak tahu saat dihadapkan pada apa rahasia kehidupan.
Mirip dengan itu bahwa Al Quran memberitahu kepada mereka-mereka yang menolak ketuhanan Allah. Dikatakan bahwa Al Quran ini ada di dalam bahasa mereka yakni bahasa Arab. Al Quran berisi huruf-huruf yang sama dengan yang digunakan oleh bangsa Arab.
Bangsa Arab begitu membanggakan bahasa mereka pada saat itu dan kemudian menjadi tidak ada apa-apanya saat Al Quran diturunkan. Dengan huruf-huruf yang sama, Alif Lam Mim, Ya Sin, Ha Mim, dst., (dalam bahasa Indonesia analoginya seperti huruf A,B,C,D, dst) maka Al Quran menantang umat manusia untuk membuat sebuah surat yang mirip dengan yang ada dalam Al Quran dari sisi keindahan dan maknanya, jika mereka meragukan Al Quran.
Sebagai awal, Al Quran menantang kepada semua manusia dan jin untuk membuat yang serupa dengan Al Quran. Dan mereka semua tidak akan dapat membuatnya meskipun satu sama lain saling membantu. Tantangan ini dikatakan di dalam Surat Al Isra [17] ayat 88 dan di Surat Thur [52] ayat 34.
Kemudian Al Quran mengulangi tantangannya di dalam Surat Hud [11] ayat 13 dengan mengatakan bahwa cobalah buat sepuluh surat seperti yang ada di dalam Al Quran. Dan dalam Surat Yunus [10] ayat 38 dikatakan bahwa cobalah buat satu surat saja seperti yang ada di dalam Al Quran. Dan akhirnya tantangan termudahnya diberikan dalam surat Al Baqarah [2] ayat 23 dan 24.
“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur'an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.
Maka jika kamu tidak dapat membuat (nya) dan pasti kamu tidak akan dapat membuat (nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir. “
(Surat Al Baqarah [2] ayat 23-24)
Untuk membandingkan kemampuan dari dua orang seniman, maka harus ada sebuah contoh dari materi yang dibandingkan sehingga performa mereka dapat dievaluasi ketika membuat hal yang sama. Materi utama dari bahasa Arab adalah huruf-huruf pembentuknya seperti Alif, Lam, Mim, Ya, Sin, Nun, Qaf, Shad, dst (sama seperti alfabet A,B,C,D,E,dst). Keajaiban bahasa di dalam Al Quran tidak akan dapat disangkal hanya karena Al Quran merupakan firman Allah, tetapi juga pada kenyataan bahwa meskipun disusun atau dibuat dengan huruf-huruf yang sama yang dipakai oleh bangsa Arab, Al Quran tidak akan dapat tertandingi.
Dan kenyataannya, hingga saat ini, baik muslim maupun non-muslim tidak pernah dapat menandingi Al Quran dari sisi tata bahasa, keindahan, maupun isi yang dikandung di dalamnya. Tantangan Al Quran tidak akan pernah bisa terjawab karena memang manusia dan jin (meskipun mereka saling membantu) tidak akan mampu mencapai pengetahuan Allah SWT.
Dalam bahasa manusia, seolah Allah ingin mengatakan kepada mereka-mereka yang ragu bahwa Al Quran bukanlah firman Allah seperti ini : "Hai manusia, aku baru menggunakan kombinasi huruf-huruf dari bahasa yang kalian pakai saja, tapi kalian sudah tidak mampu membuat yang sebanding dengan itu. Ayo buktikan, buatlah yang seperti Al Quran. Dan kalian tidak akan dapat membuatnya. Dulu, sekarang, dan sampai kapanpun, kalian tidak akan mampu.”.
Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

0 komentar:

Poskan Komentar